Berbagai macam investasi bodong kini benar-benar meresahkan masyarakat. Pasalnya mereka sudah terang-terangan menggaet artis sebagai influencernya. Sementara sang artis kadang-kadang kurang riset dalam memahami kliennya sehingga akhirnya ikut terjerat dan diperiksa oleh yang berwajib.

Ciri investasi bodong sebenarnya paling jelas adalah tidak terdaftar di OJK. Seperti halnya memilih pinjol cepat cair dan mudah, pastikan bahwa perusahaan yang diketahui mengelola keuangan dalam jumlah besar, sudah mengantongi izin dari OJK.

Supaya kamu tidak tertipu dengan investasi bodong, kenali juga ciri-cirinya. Kadang-kadang ada yang benar-benar niat sampai mendirikan PT secara legal, karena keuntungan yang bisa mereka raup bisa sampai miliaran hingga triliunan rupiah.

Keuntungan lebih tinggi dari yang lain

Namanya investasi pasti berharap mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Iming-iming keuntungan yang tidak wajar ini sebenarnya sudah jadi pertanda bahwa kita harus waspada dengan investasi yang tidak masuk akal dalam pengembalian keuntungan.

Pada intinya, semakin tinggi keuntungan yang dijanjikan akan ada risiko yang lebih besar. Jadi, seperti hukum alam, semakin tinggi keuntungan makin tinggi risikonya. Jika di awal sudah terbukti ada pengembalian, hati-hati untuk fase selanjutnya. Beberapa orang tertipu karena baru dapat cuan di awal saja tapi selanjutnya justru malah terjebak.

Pola rekrut seperti MLM

Inilah bahayanya investasi bodong karena bisa ketok tular. Artinya, referensi sangat berperan karena keuntungan yang dijanjikan lebih besar dari standar investasi pada umumnya. Apalagi jika menggunakan skema ponzi yang membuat up liner mendapatkan keuntungan lebih besar. Padahal di balik itu semua upliner tetap akan menjadi korban karena dianggap yang mengumpulkan downliner.

Informasi tidak transparan

Perusahaan yang memang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya sudah jelas tidak akan memberikan informasi yang transparan.  informasi-informasi yang ditampilkan pastilah hanya informasi yang baik-baik saja tanpa memberikan informasi tentang Resiko yang akan didapatkan atau dihadapi oleh para calon konsumennya.

Kondisi ini sangat memungkinkan untuk dimanipulasi dengan penjelasan yang tidak jelas atau memutar-mutar sehingga membingungkan tetapi kadang sedikit meyakinkan sehingga masih ada beberapa orang yang pada akhirnya mempercayai penjelasan yang berputar-putar tersebut.

Kantor tidak bisa ditelusuri

Beberapa perusahaan investasi bodong kadang-kadang tidak memiliki kantor yang jelas atau hanya menggunakan alamat rumah pimpinannya atau pengurusnya saja sehingga pada praktiknya sebenarnya ini perlu diwaspadai oleh calon investor Jangan mudah percaya dengan karisma atau kedudukan seseorang meskipun kondisinya terlihat cukup meyakinkan.

Beberapa perbaikan investasi bodong biasanya melihat orang-orang yang mereferensikan nya memiliki beberapa aset yang menggiurkan seperti rumah mewah mobil mewah dan lain sebagainya.  Padahal hal tersebut merupakan pancingan agar orang benar-benar percaya dengan omongan maupun bujuk rayunya sehingga banyak orang yang pada akhirnya terjebak dalam investasi bodong.

Perusahaan tidak legal dan belum terdaftar di OJK

Perusahaan apapun yang mengelola keuangan termasuk investasi harus memiliki izin maupun legalitas yang resmi dari OJK.  Jangan pula terjebak dengan investasi berbentuk koperasi karena dari beberapa kasus ada juga yang membuat kamuflase dengan menggunakan koperasi sebagai induk perusahaannya.

Seperti halnya jika kita ingin mengetahui perusahaan legalitas pinjaman online,  kita bisa langsung mengeceknya lewat daftar perusahaan yang sudah mendapatkan izin dari OJK.  OJK selalu merilis beberapa perusahaan perusahaan yang tidak terdaftar agar  masyarakat tidak terjebak dengan perusahaan-perusahaan yang tidak memiliki izin tersebut termasuk perusahaan yang menawarkan keuntungan lebih tinggi dibandingkan dengan yang lainnya.

Carilah perusahan yang jelas asal usul serta kredibilitasnya seperti Kredivo. Kredivo salah satu pinjol cepat cari dan mudah yang memberikan kemudahan pinjaman tunai maupun belanja online dengan cara dicicil.

Bunga Kerdivo paling rendah diantara perusahaan sejenis dengan bunga 2,6% perbulan. Tenornya pun cukup fleksibel antara 3,6 sampai dengan 12 bulan. Sehingga memberikan keleluasaan bagi para konsumennya saat ingin menggunakan dana pinjaman untuk usaha ataupun kebutuhan produktif lainnya.

Kredivo memberikan plafon pinjaman cukup besar sampai dengan Rp30 juta bagi member premium. Keuntungan lainnya, Kredivo bisa digunakan secara offline, tidak hanya online saja. Beberapa merchant yang melayani transaksi menggunakan Kredivo seperti IKEA, Erafone, Electronic City, bahkan drive thru di McD.

Daftarnya mudah bisa lewat aplikasi resmi Kredivo yang bisa diunduh dari Google Play Store maupun App Store. Daftarnya hanya butuh waktu 3 menit saja. Proses pengajuan akan diproses dalam 1×24 jam. Lebih cepat dibandingkan dengan perusahaan keuangan konvensional. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *