Pertanyaan yang harus ditanyakan saat pacaran penting bila pasangan ingin hubungannya berlanjut ke tahap lebih serius

Pacaran adalah masa penjajakan supaya lebih saling mengenal dengan pasangan dan keluarga pasangan. Mengenal pasangan disini maksudnya adalah untuk mengenak perilaku, kebiasaan, dan keseharian pasangan.

Pacaran ini biasanya mulai terjadi saat usia pubertas, akibat adanya perubahan hormon dan bentuk tubuh, sehingga sudah memiliki ketertarikan dengan lawan jenis. Cowok menyukai cewek, begitupun sebaliknya.

Lalu apa dampak pacaran positif dan negatifnya? Oleh karena itu, dalam tulisan kali ini akan coba membahas tentang dampak positif dan negatif dari pacaran sebagai berikut.

Dampak Positif Pacaran

  • Prestasi Akan Meningkat

Salah satu dampak positif dari pacaran bagi kaula muda masa kini adalah dapat meningkatkan prestasi. Hal ini dikarenakan para kaum muda akan lebih termotivasi oleh pasangannya untuk selalu menjadi lebih baik. Selain itu, pacaran juga sering disebut bisa meningkatkan prestasi karena saat berpacaran mereka bisa belajar bersama dan saling mengajari satu sama lain.

  • Memiliki Teman Curhat

Dengan memiliki pacar tentunya akan mendapatkan tempat curhat yang bisa dipercaya. Orang pacaran biasanya akan sering bercerita masalah-masalah yang terjadi pada diri sendiri maupun orang lain di sekitarnya. Mulai dari hal-hal menyedihkan, menyenangkan, hingga yang konyol.

  • Pergaulan Lebih Luas

Saat berpacaran dengan seseorang, tentunya teman-teman dari sang pacar akan menjadi teman anda juga. Karena sering bebarengan dengn pacar anda juga akan seirng berjumpa dengan berkenalan dengan teman-temannya ataupun keluarganya. Dengan begitu, anda akan memiliki kenalan yang lebih banyak dari sebelumnya.

  • Dapat Mengisi Waktu Luang Dengan Hal Yang Lebih Variatif

Setelah memiliki pacar tentunya anda tidak akan merasa sendirian lagi, terutama di malam minggu. Di malam minggu, si cowok biasanya akan berkunjung ke rumah pacarnya. Mereka akan menghabiskan waktu malam minggunya di rumah si cewek atau jalan-jalan ke suatu tempat.

  • Perasaan Aman, Tenang, dan Nyaman

Hubungan emosional (saling mengasihi, menyayangi, dan menghormati) saat berpacaran akan menimbulkan rasa aman, nyaman, dan terlindungi. Tentunya perasaan seperti ini juga dapat membuat seseorang menjadi lebih bahagia.

Dampak Negatif Pacaran

  • Prestasi Menurun

Dilansir dari forum tanya jawab sehatq.com Pacaran bisa meningkatkan prestasi namun sebaliknya juga malah bisa menurunkan prestasi. Hal ini bisa terjadi pada mereka yang lupa akan tugas utamanya sekolah dan belajar akibat sering pacaran. Mereka lebih mementingak pacaran dibandingkan sekolah dan belajar. Akibatnya prestasi di sekolah pun jeblok hingga tidak naik kelas.

  • Pergaulan Menyempit

Kalau tadi dampak positif pacaran adalah dapat memperluas pergaulan, sebaliknya dampak negatifnya adalah justru mempersempit pergaulan. Ada istilah populer di kalangan orang yang sedang mabuk asmara, yakni “Dunia seperti milik berdua”, dengan begitu mereka sudah tidak memperdulikan lagi orang-orang di sekitarnya.

  • Terjerumus Pergaulan Bebas (Sex Bebas)

Pacaran merupakan salah satu jalan terjadinya sex bebas . Ini merupakan dampak terburuk dari pacaran dengan melakukan hubungan sex sebelum nikah. Sehingga tidak aneh, kalau dalam agama dilarang untuk berpacaran karena bisa menjerumuskan pelakunya ke perzinahan.

  • Timbulnya Banyak Masalah Hingga Stres

Yang namanya percintaan tidak akan selalu indah seperti di sinetron. Terkadang ada masalah-masalah yang timbul saat berpacaran, misalnya cemburu yang berlebihan hingga perselingkuhan. Tentunya hal ini akan membuat anda merasa kecewa bahkan hingga stres memikirkannya.

  • Hidup Lebih Boros

Dampak negatif memiliki pacar adalah keuangan akan lebih boros, terutama bagi cowok, karena ia harus mentraktir atau memenuhi keinginan sang pacar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *