Resep Cireng Nasi Krispi, Renyah dan Empuk Sejak Gigitan Pertama

Cireng merupakan jajanan asli Bandung yang banyak sekali diminati karena rasanya yang enak dan juga harga nya yang murah meriah. Bahan dasar dari cireng ini adalah tepung kanji. Banyak sekali jajana asal Bnadung yang memilki bahan dasar tepung kanji dan cireng adalah salah satunya. Cireng merupakan singkatan dari kata aci (tepung kanji) yang digoreng.

Biasanya cireng disajikan bersamaan dengan saus kacang, saus tomat ataupun saus sambal yang bisa disesuaikan dengan selera anda. Saus-saus merupakan poin tambahan sehingga kenikmatan dari cireng semakin menggugah selera. Ada pula yang menyajikan cireng dengan ditambah perasa makanan yang berbentuk bubuk-bubuk halus. Jajanan Bandung ini sangat fenomenal di semua kalangan baik tua ataupun muda.

Dari banyaknya penjual cireng, namun tahukah anda beberapa jenis cireng? Ada beberapa jenis cireng meskipun bahan yang digunakannya sama namun, cara pembuatannya yang berbeda sehingga menjadi jenis cireng yang berbeda juga. Meskipun dari luar penampilan makanan ini tidak beda jauh dari cireng biasa, namun akan terasa beda saat digigit. Teksturnya renyah di luar, tetapi empuk dan lembut di dalam. Karena itulah dinamai cireng salju.

Namun, tahukah anda bagaimana cara membuat jajanan fenomenal tersebut? Berikut akan dibahas mengenai cara membuat cireng versi rumahan yang sudah pasti akan lebih higenis dan terjaga kebersihannya.

Cireng salju bisa dibuat dengan adonan biang seperti pempek atau dengan mencampurkan langsung semua bahan yang digunakan dan kemudian diuleni. Berikut cara membuat cireng agar tetap enak dan krenyes versi rumahan.

Bahan – bahan untuk cireng

1. 10 sdm tepung tapioca/ tepung kanji

2. 3 sdm tepung terigu

3. 2 siung bawang putih lalu dihaluskan

4. 1 batang daun seledri yang diiris halus (opsional)

5. air panas secukupnya

6. garam secukupnya

Bahan – bahan untuk bumbu rujak

1. 50 gr gula merah

2. 5 buah cabai rawit

3. 1 gelas belimbing berisi air matang

4. ΒΌ sdt garam

5. 1/2 sdt asam jawa

Langkah pembuatan cireng salju

1. satukan bahan – bahan seperti tepung terigu, tepung tapioka, seldri, bawang putih yg sudah dihaluskan dan garam.

2.Tuangkan air panas sedikit demi sedikit hingga adonan bisa dibentuk dengan tangan. Pastikan agar adonan tidak terlalu kalis, karena akan membuat hasil akhirnya menjadi alot.

3. Bnetuk adonan dengan bentuk yang bulatdan pipih, taburkan sisa tepung tapioca kepada cireng yang sudah dibentuk agar tidak lengket dan saling menempel.

4. Panaskan minyak goreng. Tuangkan minyak goreng ke dalam wajan yang banyak sehingga cireng akan terendam. Panaskan minyak dengan api sedang, jika sudah panas masukkan cireng tersebut. Tidak perlu digoreng sampai kecoklatan. Segera angkat begitu warnanya sudah mulai berubah dan terlihatt krenyes.

5. buatlah bumbu rujak dengan cara menghaluskan asam, gula merah, cabai, dan garam. Tuangkan air matang, kemudian rebus hingga menyusut dan kental.

Dengan begitu cireng salju dengan bumbu rujak yang anda inginkan sudah siap untuk disantap. Anda bisa menyesuaikan tingkat kepedasan dalam bumbu rujak sesuai dengan selera anda. Berikut merupakan cara membuat cireng salju yang akan sangat disukai banyak orang karena krenyes, nikmat dan mudah untuk dinikmati. Dengan membuatnya di rumah, kebersihan cireng dan alat bahan yang digunakan sudah pasti akan bersih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *