https://mdm.tanihub.com/images/10008/product/1600056033-1610011096-1.jpeg

Banyak orang suka mentimun. Timun atau mentimun adalah tanaman yang banyak disukai orang Indonesia. Selain biasa dijadikan sebagai bahan lalaban dan rujak, timun juga sering diolah menjadi jus yang menyegarkan. Tidak hanya menyegarkan, timun juga menyehatkan. Di dalamnya terkandung antioksidan yang sangat bermanfaat dalam mencegah dan mengobati berbagai penyakit. Untuk memenuhi kebutuhan timun anda, TaniHub siap menyediakannya dalam kondisi segar.

Sebagai platform e-commerce, anda bisa belanja sayuran secara online dengan nyaman di TaniHub. Produk yang ada di dalamnya merupakan produk langsung dari para petani lokal. Tidak hanya cara belanjanya yang mudah dan aman, pembayarannya pun sangat nyaman.

Manfaat Timun bagi Kesehatan Tubuh

Dilansir DetikHealth, timun mengandung banyak air dan serat larut. Selain itu, buah ini juga rendah kalori. Berkat kandungan timun tersebut, timun sangat ideal dalam membantu untuk meningkatkan kebutuhan hidrasi. Buat anda yang hendak menurunkan berat badan, timun dapat membantu untuk menurunkannya. Dan manfaat timun secara lengkap, berikut ini adalah pembasannya.

1. Tinggi Nutrisi

Timun kaya nutrisi yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Selain rendah kalori, timun mengandung vanyak vitamin dan mineral penting yang dibutuhkan tubuh. Agar manfaat timun maksimal, tidak perlu mengupas kulitnya sebelum dikonsumsi. Mengupas kulitnya justru akan mengurangi nutrisi penting yang terkandung di dalam timun.

2. Mengandung antioksidan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, timun mengandung antioksidan yang sangat baik dalam menangkal radikal bebas. Dengan mengonsumsi timun, anda akan memiliki kemungkinan kecil terkena penyakit kronis yang diakibatkan radikal bebas.

3. Membantu menurunkan berat badan

Buat anda yang mau menurunkan badan bisa dibantu dengan mengonsumsi timun. Timun rendah kalori. Karena inilah timun biasa masuk ke dalam menu diet sehat.

4. Memenuhi kebutuhan hidrasi

Selain kaya serat, timun kaya kandungan air. Melansir dari DetikHealth, timun bahkan mengandung 96% air. Nah, karena ini timun sangat efektif dalam meningkatkan hidrasi dan kebutuhan cairan dalam tubuh.

5. Memperlancar BAB

Tidak hanya membantu meningkatkan hidrasi, kandungan air yang ada di dalam timun juga dapat membantu memperlancar buang air besar. Dengan tetap hidrasi, anda bisa tercegah dari sembelit dan metabolisme dalam tubuh menjadi lancar.

6. Mencegah diabetes

Bagi anda yang tidak mau terjangkit diabetes, timun sangat bermanfaat untuk mencegahnya. Hal ini karena timun dapat membantu menurunkan tingkat gula darah dalam tubuh. Selain itu, timun juga dapat mencegah terjadinya komplikasi penyakit diabetes.

7. Merawat kesehatan kulit

Manfaat timun satu ini sudah sangat lumrah diketahui masyarakat. Ada banyak produk kecantikan dan perawatan kulit terbuat dari timun. Dilansir Medicalnewstoday, beberapa penelitian menunjukkan bahwa timun sangat baik untuk menjaga kesehatan kuit wanita. Timun yang diiris dan ditempelkan pada kulit dapat membantu menenangkan dan mendinginkan kulit. Selain itu, irisan timun tadi juga mampu mengurangi pembengkakan dan iritasi pada kulit.

8. Menguatkan tulang

Siapa yang menyangka bahwa timun bermanfaat dalam menguatkan tulang. Manfaat ini didapatkan dari vitamin K yang terkandung di dalam timun. Dan dalam sebuah studi di jurnal Plos Medicine menyatakan bahwa mengonsumsi wanita paska-menopause yang mengonsumsi 5mg vitamin K akan memiliki sedikit risiko mengalami patah tulang.

Buah yang kadang sering dimakan mentah ini nyatanya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Manfaatnya akan tetap optimal jika anda mendapatkannya dari petani langsung atau pasar sayur tradisional. Namun ada cara lain yang mudah dan praktis namun mendapatkan timun segar berkualitas. Tempatnya adalah TaniHub. Di sini, anda bisa mendapatkan berbagai sayuran yang segar, sehat dan berkualitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *