7 Olahraga Saat Haid yang Dianjurkan dan Masih Diperbolehkan, Coba Aja

Menstruasi merupakan proses meluruhnya dinding rahim yang berguna untuk membersihkan rahim dari pembuluh darah, kelenjar dan juga sel-sel yang keluar dalam bentuk darah karena tidak adanya pembuahan. Pada umumnya, menstruasi terjadi setiap 28 hari sekali. Dan juga ada wanita yang memiliki siklus menstruasi dengan rentang waktu antara 21-25 hari, ini merupakan masih masuk ke dalam kategori normal.

Namun, ada juga beberapa wanita yang mengalami siklus menstruasi yang tidak teratur yang misalnya yang dari v21 hari atau lebih 3 hari. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, seperti stres. Salah satu penyebab siklus menstruasi yang tidak teratur adalah beban pikiran yang berat, tentunya hal tersebut dapat mempengaruhi siklus menstruasi. Ketika anda sedang dalam keadaan stres atau depresi, pada bagian otak yang mengatur hormon siklus menstruasi tentunya akan terpengaruh. Dengan begitu, jika anda mengalami stres hormon pengatur jadi tidak seimbang dan menstruasi pun menjadi tidak teratur.

Selain itu, hormon yang tidak seimbang juga bisa menjadi penyebab utama siklus menstruasi yang tidak teratur, ketidak seimbangan hormon pun bisa disebabkan oleh berbagai hal seperti kelelahan atau stres. Sehigga ketika terjadi gangguan pada hormon di dalam tubuh, maka siklus menstruasi pun ikut terganggu.Lalu bagaimana cara melancarkan haid?

Cara Melancarkan Haid

  1. Perhatikan Pola Makan dan Olahraga

Perlu anda ketahui bahwa makanan yang anda makan sehari-hari bisa mempengaruhi nutrisi, fungsi sel, fungsi hormon, dan kesuburan. Apabila anda tidak bisa mengonsumsi jenis makanan tertentu yang bisa mencukupi kebutuhan nutrisi, maka anda bisa mengonsumsi suplemen guna membantu memenuhi nutrisi tersebut. Memiliki berat badan yang berlebih atau kegemukan berpotensi untuk menurunkan kesuburan. Jumlah lemak yang berlebih atau terlalu sedikit juga dapat menganggu siklus menstruasi yang akhirnya bisa mengganggu kesuburan. Oleh karena itu, perhatikan pola makan dan lakukan olahraga secara rutin agar siklus haid anda lancar.

  1. Hindari Kafein, Alkohol, dan Rokok

Apabila anda mengonsumsi kopi lebih dari lima gelas sehari maka itu setara dengan 500 mg kafein dan bisa berakibat mengganggu siklus menstruasi dan menurunkan kesuburan. Karena konsumsi kafein yang masih bisa ditoleri maksimum 200 mg per hari. Sedangkan mengonsumsi alkohol dua gelas sehari juga bisa menurunkan kesuburan sebesar 60%. Selain itu, alkohol juga bisa meningkatkan risiko kelainan pada janin. Bukan hanya itu, merokok juga bisa memberikan dampak negatif bagi kesuburan wanita. Karena rokok ini bisa menjadikan rahim kurang reseptif terhadap hasil konsepsi (pembuahan). Oleh karena itu maka sebaiknya anda berhenti merokok sebelum mencoba untuk hamil.

  1. Meditasi

Cara melancarkan haid berikutnya adalah dengan mengurangi stres. Dalam hal ini, anda bisa melakukan cara sederhana meditasi untuk menfurangi stres yang dialami. Selain itu, meditasi juga akan membantu anda dalam mengurangi stres dengan cara menyeimbangkan hormon yang ada dalam tubuh.  Cara meditasi ini juga cukup mudah, berikut langkah-langkahnya :

– Pertama, cari tempat yang tenang supaya anda bisa duduk (bisa dalam ruangan atau di luar)

– Kedua, duduk dan posisikan lah tubuh anda untuk tetap tegak dengan tangan di atas paha, sehingga anda merasa rileks.

– Ketiga, ambil napada dan hembuskan kembali.

– Keempat, anda cukup menenangkan pikiran dan fokus kepada suara napas dan suara apapun yang ada di sekitar anda. Cara ini lebih cocok dilakukan di alam terbuka.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *