Doa saat Hari Ibu dalam Islam, Amal Jariyah yang Menolong di Akhirat

            Dari hari yang ada dalam satu minggu ternyata hari Jum’at lah yang dianggap sebagai hari yang paling baik. Hal tersebut karena pada hari Jum’at banyak sekali terjadi momen – momen penting dan bersejarah dalam sejarah umat Muslim. Selain itu hari Jum’at juga dianggap hari suci bagi seluruh umat muslim karena pada hari ini terdapat beberapa ibadah yang hanya bisa dilakukan pada hari tersebut.

            Selain terdapat beberapa ibadah yang hanya bisa dilakukan pada hari Jum’at ternyata di hari Jum’at juga merupakan hari yang dianggap mustajab atau makbul untuk kita memanjatkan doa – doa dan segala keinginan yang ingin bisa terwujud. Kira – kira waktu apa saja di hari Jumat yang dianggap sebagai waktu mustajab untuk berdoa dan memiliki peluang lebih besar untuk terkabulnya doa tersebut.

  • Saat matahari terbit

Waktu mustajab yang pertama pada hari Jumat dimulai saat matahari sudah mulai terbit dari arah timur. Pada saat itu manusia juga sebaiknya melaksanakan shalat dhuha untuk memaksimalkan amalan sunnahnya.

Ishaq bin Musa Al Anshari telah menceritakan kepada kami dari Abu Hurairah dia berkata, Rasulullah SAW bersabda:

“Sebaik-baik hari setelah terbitnya matahari adalah hari Jumat, pada hari itu Adam diciptakan, pada hari itu dia dimasukkan kedalam surga, pada hari itu juga dia dikeluarkan dari surga, dan tidaklah seorang muslim yang sholat dan memohon sesuatu kepada Allah bertepatan pada waktu itu, melainkan Allah akan mengijabahinya.” (HR Tirdmizi 453)   

  • Saat memasuki waktu Shalat Jumat

Waktu mustajab yang selanjutnya untuk berdoa di hari Jumat yaitu ketika memasuki waktu shalat jumat sampai setelah shalat jumat itu selesai dilaksanakan. Untuk yang perempuan bisa memanjatkan doa dirumah saja sedangkan untuk laki – laki bisa dimaksimalkan setelah selesai shalat jumat sebaiknya tidak langsung beranjak dari tempat semula.

Dalam hadits riwayat Tirmidzi dijelaskan bahwa Rasulullah menjawab pertanyaan dari para sahabatnya “Sesungguhnya pada hari Jum’at ada waktu yang tidaklah seorang hamba memohon sesuatu kepada Allah pada hari itu kecuali Allah pasti akan mengabulkannya.” Para sahabat bertanya, wahai Rasulullah jam berapakah itu? Beliau menjawab: “Sejak ditegakkannya sholat Jumat sampai selesai.” 

  • Saat memasuki waktu antara shalat ashar dan magrib

Waktu mustajab yang terakhir yaitu diantara waktu shala ashar dan waktu shalat magrib. Kedua waktu tersebut memang merupakan waktu yang mustajab untuk memohon doa kepada Allah, bahkan pada waktu tersebut terdapat doa – doa dzikir khusus yang dibaca diantara dua waktu tersebut.

Dari Anas bin Malik RA dari Nabi SAW bahwa beliau bersabda, “Carilah oleh kalian waktu-waktu yang mustajab pada Jumat setelah Ashar sampai tenggelamnya matahari.” 

Itulah 3 waktu yang dianggap sebagai waktu mustajab di hari Jumat untuk memanjatkan doa kepada Allah, sebenarnya semua waktu dan semua hari itu baik hanya saja memang ada beberapa waktu yang memang memiliki keutamaan – keutamaannya tersendiri. Tugas kita sebagai manusia adalah memaksimalkan segala kesempatan yang telah Allah berikan kepada kita.

Jika setelah memanjatkan doa di waktu – waktu mustajab namun ternyata doa tersebut masih belum terkabul maka tetaplah berbaik sangka kepada Allah karena kita tidak pernah tahu apa yang akan menanti kita di depan sana, Bisa jadi apa yang kita butuhkan bukanlah sesuatu yang baik untuk kehidupan kita kedepannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *